Rabu, 14 Februari 2018

Panduan Lengkap Cara Membuat Toko Online WordPress

Related image

jasa pembuatan website murah - Di era internet ini, banyak bermunculan system yang makin mempermudah manusia untuk berhubungan keduanya, termasuk hubungan pada penjual dan konsumen demikian halnya sebaliknya. Sejak tersebut kesempatan bisnis on-line shop makin terbuka lebar. Banyak orang yang ingin memiliki toko onlinenya sendiri tetapi tidak paham bagaimana caranya membuatnya. Oleh karenanya, Melalui tulisan ini saya ingin sharing tutorial/tips komplit tentang cara buat toko on-line dengan wordpress pada sahabat semua. Mudah-mudahan dengan tulisan ini, dapat menolong pembaca sekalian dalam membuat bisnis on-line shop yang mungkin sudah lama di idam-idamkan. Tanpa ada panjang lebar mari kita mulai tutorial ini.

1 Beli domain + paket hosting dan Install CMS WordPress

Langkah awal yang perlu dilakukan dalam cara buat toko on-line yaitu beli domain, paket hosting dan install CMS WordPress. Untuk sahabat yang masih tetap sangsi dalam memilih hosting paling baik dan masih tetap belum juga tahu bagaimana caranya meng-install wordpress di cpanel maka dapat lihat artikel di bawah, dan mudah-mudahan dapat membantu


  • Himpunan daftar hosting provider komplit dengan review dan promo 
  • Cara install wordpress di cpanel 
  • Teori Basic SEO Onpage WordPress 
2. Install Sebuah Theme Toko On-line di WordPress

Setelah meng-install CMS WordPress di cpanel, silakan login ke admin wordpress dengan akses namadomain/wp-admin. Setelah masuk ke admin panel wordpress, silakan install theme toko on-line yang dikehendaki dengan mengklik appearance Theme add new theme. Silakan click link berikut untuk memperoleh referensi theme wordpress toko on-line paling baik : 10 Theme toko on-line Gratis & Responsive

Pada tutorial ini saya juga akan memakai theme toko on-line sederhana dari woootheme yakni Mystile Theme. Setelah theme toko on-line diinstal maka biasanya penampilannya juga akan kosong seperti di bawah.

3 Install Plugin Woocommerce

Hal yang terutama dalam tutorial cara buat toko on-line yaitu meng-install plugin ecommerce. Sebernarnya banyak plugin e-commerce di database wordpress. org, tetapi saya sangat menyerankan plugin woocommerce pada sahabat sekalian karena ada 4 alasan kenapa plugin yaitu plugin ecommerce paling baik :

  • Woocommerce yaitu plugin ecommerce paling banyak diinstal di wordpress Lebih 1 Juta active install 
  • Memiliki rating yang sangat baik 4, 6/5 
  • Memiliki feature yang paling banyak 
  • Memiliki tingkat keamanan yang tinggi karena senantiasa di up-date dengan regular 

Cara meng-install plugin woocommerce sangat mudah, di bagian kiri panel admin wordpress click tab plugin add new search “woocommerce” install now activate plugin, setelah terinstal maka juga akan keluar penampilan seperti dibawah

Silakan click let’s go dan isi semua data tentang toko on-line sahabat yang terbagi dalam :

  • Tempat toko online 
  • Mata Uang yang digunakan 
  • Unit berat dan unit panjang yang juga akan digunakan 
  • Biaya kirim (tak perlu di isi karena ongkir setiap propinsi juga akan berlainan) 
  • Pajak 
  • Pembayaran (lewat check, COD, Lewat bank transfer, paypal) 

Tentang biaya kirim, banyak toko on-line di indonesia, ketika kita beli sebuah barang, maka ketika checkout, juga akan terlihat biaya biaya kirim (JNE, Tiki atau pos) juga akan automatis ditambahkan ke keseluruhan biaya sesuai sama alamat yang juga akan dituju. Untuk buat hal sesuai sama itu, diperlukan plugin penambahan yang terintegrasi segera dengan plugin woocommerce. berikut dua versi plugin cara buat toko on-line premium yang tersedia

  • Plugin Premium : Terbagi dalam 7 kurir, komplit dengan semua paket kirim, volumetrik, feature asuransi, feature packing kayu dan beda sebagainya. silakan click di sini untuk lihat detailnya. (harga lisensi Rp 250. 000/th.) 
  • Plugin Gratis : Hanya terdiri 1 Kurir (JNE) dan untuk 1 paket regular JNE, dan hanya dapat mentraking biaya jne dari jakarta ke beberapa propinsi di indonesia. click di sini untuk lihat detailnya. 

Sesungguhnya tanpa ada plugin pun kita masih tetap dapat menkalkulasi dengan manual dan memberikan dengan manual ke tagihan pembayaran pada beberapa konsumen di toko on-line sahabat.

4. Mengetahui Feature yang berada di Woocommerce

Setelah kita meng-install plugin woocommerce, maka juga akan ada sebuah tab woocommerce dibagian kiri seperti gambar di bawah.

  • Orders – Diisi mengenai data-data daftar orderan dari konsumen di toko on-line yang kita miliki, data ini diisi mengenai, alamat konsumen, nama, tanggal, nama barang, jumlah barang, status orderan, status pembayaran, keseluruhan biaya, dan beda sebagainya. 
  • Coupon – Melalui feature coupon, kita dapat buat sebuah kode kupon (potongan harga) baik itu dalam rupiah maupun persen, tanggal kandunganluarsa kupon itu, minimal pembelian, berlaku untuk berapakah kali penggunaan dan beda sebagainya. 
  • Report – yaitu laporan pembelian (pendapatan) yang sudah sukses dilakukan, dapat dalam rentangan 7 hari, bulanan bahkan juga tahunan. Bahkan juga report ini dapat di transferkan ke excel file. 
  • Setting – Bila sahabat sudah mensetting plugin woocommerce ketika awal penginstalan maka, settingan ini tidak jauh berlainan pada settingan awal, tetapi memiliki penambahan pada settingan e-mail, pilihan warna, dan settingan account beberapa konsumen. 
  • Sistem Status – sistem status yaitu tab yang bermanfaat untuk lihat system dari server atau hosting yang tengah kita pakai. 
  • Add on – yaitu plugin penambahan yang untuk memberikan feature yang berada di toko on-line. Bila sahabat inginkan pembayaran lewat paypal maka bisa 

Diluar itu, di bagian kiri wordpress admin panel, juga terdapat sebuah tab product yang berperan untuk memasukan dan mensetting barang barang yang kita jual. Tersebut disini screenshootnya.

  • Product – Daftar barang yang di jual di toko on-line yang terbagi dalam nama barang, type barang, stock barang, dan beda sebagainya. 
  • Add Product – Berperan untuk memberikan barang yang juga akan di jual di toko online 
  • Categories – Berperan untuk buat kelompok barang yang juga akan dijual. Misalnya sebuah toko on-line yang juga akan jual sebuah pakaian, maka dapat digolongkan berdasar pada merk seperti : nike, adisas, GAP, dll 
  • Tags – Berperan buat data tags product/barang yang di jual di toko on-line. 
  • Shipping Classes – Tak perlu diisi 
  • Atributes – adalah tab yang bermanfaat untuk menaikkan atribut dari barang yang juga akan di jual umpamanya ukuran, warna, dll 

5. Persiapan Awal Sebelumnya Memberikan Product di Toko Online

Sistem persipan awal sebelumnya memberikan barang yang juga akan di jual di toko on-line, terbagi dalam dua langkah yakni buat kelompok dan buat Data data bank untuk sistem pembayaran di toko on-line.

Langkah Pertama : Buat kelompok barang yang juga akan di jual. Kita dapat buat kelompok product dengan terhubung product categories buat daftar kelompok. Pada tutorial kesempatan ini saya juga akan mencontohkan sebuah toko on-line pakaian dengan memberi 3 contok kelompok yakni : Nike, GAP, dan Gucci. Seperti yang pada screenshot di bawah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact us

Nama

Email *

Pesan *