Senin, 09 Desember 2019

Khawatir Cedera Saat Bekerja? Ini Tips Menggunakan Bor Tangan Dengan Benar


Beberapa pekerja lapangan di bagian industri atau pabrik memang seharusnya diperlengkapi dengan peralatan keselamatan supaya tidak berlangsung beberapa hal yang tidak diharapkan seperti kecelakaan saat kerja.

Menurut International Labour Organization (ILO), pada tahun 2012 ada 29 masalah kecelakaan kerja fatal serta menyebabkan kematian dari 100.000 pekerja. ILO mencatat jika tiap tahunnya di Indonesia ada 70% berlangsung kecelakaan kerja yang mengakibatkan cacat permanen sampai ke kematian. Bila dikalkulasikan dengan angka tentu, tiap tahunnya pekerja di Indonesia yang alami kecelakaan sekitar 99.000.

Angka ini tentu saja bukan jumlahnya yang sedikit mengingat tiap tahunnya berlangsung kecelakaan serta kematian karena lupa penuhi ketentuan keselamatan dalam kerja.

Kecelakaan paling banyak ialah karena penggunaan beberapa alat berat yang tidak penuhi mekanisme secara baik hingga menyebabkan luka serius pada badan pekerja itu. Sangat penting bagi karyawan untuk menggunakan alat pelindung seperti sepatu safety . Mirip contoh: pekerjaan menempatkan paku memakai alat bor elektrik yang pas serta benar hingga tangan Kamu tidak terluka.

Kenal Mesin Bor Lebih Jauh

drill

Bicara masalah bor serta keselamatan kerja, kesempatan ini akan diulas tentang panduan memakai bor tangan elektrik secara benar hingga Kamu terlepas dari cedera serius saat melakukan pekerjaan itu.

Sebelum tahu panduan langkah menggunakan mesin ini, terlebih dulu kita harus kenal lebih jauh langkah kerja alat bor serta bagaimana alat ini dapat dipakai untuk penuhi keperluan perbaikan tempat tinggal ruang kantor atau rumah Kamu.

Mesin bor atau yang disebutkan dengan drill machine, adalah alat yang dipakai dengan tangan seperti pistol. Perbedaannya, alat ini menggunakan mata bor yang dibuat dari baja pilihan supaya bisa tembus beberapa material keras.

Mesin bor memiliki type yang bermacam bergantung dari keperluan Kamu. Satu diantara mesin bor yang seringkali dipakai oleh beberapa pekerja luar ruang ialah hammer drill. Mesin bor type ini bermanfaat untuk membolongi media yang mempunyai material beton.

Untuk membolongi media dengan material yang dibuat dari aluminum, kayu atau besi, ada type bor yang berlainan. Mesin gan atau drill machine dioperasikan memakai motor yang ada di alat ini. Potensi masing-masing mesin pasti berlainan. Seperti bila bor itu untuk membolongi material beton, karena itu mesin yang dipakai tentu saja mempunyai tenaga yang lebih kuat bila dibanding dengan mesin bor untuk membolongi kayu.

Kamu harus juga memerhatikan hal yang lain seperti mata bor. Ukuran serta type mata bor bermacam serta agak banyak. Beberapa jenis itu terdiri dari persyaratan semacam ini:

hole saw

Hole saw – Adalah mata bor yang dipakai untuk membolongi beberapa benda yang dibuat bermaterial seperti kayu serta plat besi.

Flat-drill-bit

Flat drill bit – Mata bor ini bermanfaat untuk membolongi material yang dibuat dari kayu, tetapi perbedaannya dengan hole saw, mata bor type ini untuk bikin lubang yang besar pada material kayu atau tripleks.

Counter sink drill bit

Counter sink drill bit – Supaya sekrup dapat masuk serta muat di material kayu, mata bor type ini dapat Kamu utamakan untuk pekerjaan itu.

Tidak hanya ke-3 type mata bor itu, untuk pekerjaan membolongi beton serta besi memiliki beberapa jenis tertentu serta dapat dipakai pada mesin bor Kamu.

Sesudah Kamu kenal beberapa jenis mata bor itu, karena itu Kamu sudah mengetahui jika harus memakai mata bor yang pas serta sesuai keperluan pengeboran Kamu. Sesudah tahu hal itu, Kamu dapat ikuti panduan berikut supaya pekerjaan mengebor lebih aman serta tidak memunculkan kerugian yang berbentuk kecelakaan pada saat pembuatan memakai mesin bor.

Menggenggam Mesin Bor Dengan Erat

Seperti senjata api, mesin bor memiliki pegangan serta tombol untuk jalankan mesin. Cari bor yang diperlengkapi dengan pegangan karet hingga tidak licin waktu lakukan pengeboran.

Pegang gagang pegangan bawah mesin bor dengan erat memakai tangan kanan Kamu. Tangan kiri menggenggam sisi mesin yang dekat sama ujung mesin bor itu. Maksudnya supaya mesin bor ini tidak meleset ke beberapa arah waktu dipakai. Konsentrasi penuh diperlukan supaya Kamu membolongi sisi yang pas pada material.

Peralatan Pengaman Diri yang Komplet

Sebaiknya Kamu lengkapi perlengkapan penyelamatan diri seperti kaca mata untuk mengebor. Kacamata ini membuat perlindungan mata Kamu dari serpihan-serpihan material karena kegiatan membolongi memakai mesin ini.

Bila Kamu tidak meyakini dengan karet pegangan mesin bor, Kamu dapat memakai sarung tangan serta yakinkan bila sarung tangan itu dibuat bermaterial yang tidak licin.

Posisikan Mesin Bor

Tempat mesin bor adalah unsur yang perlu Kamu pikirkan. Tempat pengeboran harus tegak lurus 90°. Kenapa demikian? Supaya daya tekan lebih prima. Bila pengeboran memerlukan waktu lama, berhenti sesaat untuk meregangkan tangan Kamu supaya otot tidak kejang.

Cocokkan Kecepatan Putaran Mesin Bor

Seperti yang telah kita tahu, mesin bor diperlengkapi dengan motor yang bermanfaat jadi penggerak mata bor untuk tembus beberapa type material. Supaya pekerjaan mengebor Kamu lebih efisien, kecepatan adalah hal sangat penting untuk dilihat. Benar-benar beresiko bila Kamu menggunakan kecepatan yang tidak sesuai diameter mata bor. Tangan Kamu akan gampang bergoyang serta mesin bor akan lepas bermaterial yang ingin Kamu lubangi.

Masih Semangat, Masih Selamat!

Sekarang Kamu sudah tahu bagaimana menahan luka waktu kerja memakai mesin bor, kan? Keselamatan memang masih jadi prioritas Kamu dalam jalani kegiatan sehari-harinya. Masih semangat serta selamat berkarya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact us

Nama

Email *

Pesan *