Minggu, 20 Mei 2018

Pentingnya Penerapan K3 di Dunia Kerja

Related image

sepatu safety - Berdasar pada data Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan di Indonesia sudah terjadi 105. 182 masalah kecelakaan kerja sampai akhir th. 2015. Di mana 2. 375 masalah dari keseluruhan jumlah kecelakaan kerja adalah masalah kecelakaan berat yang menyebabkan kematian. Angka kecelakaan kerja itu relatif sangat tinggi. Penyebabnya kecelakaan kerja yang sering didapati salah satunya tingkah laku yg tidak aman, keadaan lingkungan yg tidak aman, atau ke-2 keadaan itu terjadi dengan dengan – sama. Keadaan ini terkadang diperparah dengan keterlambatan info pada pihak perusahaan hingga tidak selekasnya dikerjakan.

Rendahnya kesadaran juga akan pentingnya aplikasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) terlebih pada bidang industri jadi penyebabnya utama terjadinya kecelakaan kerja di Indonesia. Masih tetap sering diketemukan asumsi kalau aplikasi K3 relatif mahal karena itu diperlukan alokasi budget yang cukup besar dalam pengerjaannya.

Utamakan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja
Walau sebenarnya penyelenggaraan K3 ini sangat perlu mengingat kemungkinan kecelakaan dapat terjadi kapan dan dimanapun. Pemerintah Indonesia sendiri sudah mengatur penyelenggaraan K3 ini dalam Undang-undang No. 1 Th. 1970, No. 23 Th. 1992, dan No. 13 Th. 2003. Bahkan juga pemerintah sudah mengatur dengan terang untuk perusahaan yg tidak melakukan ketetapan undang-undang maka dipakai denda paling banyak Rp15. 000. 000, - atau pidana kurungan paling lama 1 th..

Aplikasi K3 ini mempunyai tujuan membuat perlindungan karyawan dari beragam jenis bahaya kerja. Jika terjadi kecelakaan kerja maka karyawan juga akan memperoleh jaminan aksi medis sampai pulih tanpa ada batasan biaya penyembuhan. Sedang untuk karyawan yang wafat dunia, atau cacat tetaplah juga akan memperoleh biaya pemakaman dan pemberian beasiswa pendidikan untuk pakar warisnya.

Manfaat Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)

Pentingnya K3 dalam perusahaan
Bukan sekedar karyawan yang bisa rasakan manfaat K3 ini. Perusahaan dapat juga diuntungkan dengan aplikasinya. Ketika perusahaan Kamu sudah mengaplikasikan K3 dalam sistem kerja, stakeholder juga akan yakini kalau prosedur kerja perusahaan Kamu telah bagus hingga terjamin kwalitas hasil kerjanya. Aplikasi K3 dapat juga jadi tolak ukur Standar Operating Procedures (SOP) hingga jika terjadi kecelakaan, perusahaan dapat mengidentifikasi bagian sistem mana yang salah dan perlu diperbaiki. Bukan sekedar itu, tingkat produktivitas karyawan akan bertambah bersamaan dengan jaminan keamanan yang didapatkan oleh perusahaan.

Memonitor Keselamatan Kerja Karyawan dengan Teknologi

Aplikasi Cared untuk awasi keselamatan karyawan
Melindungi keselamatan kerja karyawan yaitu jadi pekerjaan dari perusahaan. Terkecuali dapat meyakinkan semua keadaan karyawan dalam kondisi baik, aplikasi K3 dapat menghindar kerugian fisik & finansial untuk perusahaan ataupun karyawan.

Perubahan tehnologi saat ini sangat dapat digunakan untuk awasi keselamatan kerja di perusahaan. Cara yang paling mudah dengan mengoptimalkan peranan smartphone yang dipunyai oleh karyawan. Aplikasi Cared ada untuk menolong perusahaan meyakinkan keselamatan karyawannya saat bekerja. Terlebih untuk karyawan yang bekerja ditempat dengan kemungkinan tinggi. Aplikasi ini sangat mungkin karyawan untuk kirim info dengan realtime pada perusahaan saat terjadi keadaan darurat di lapangan melalui piranti smart phone. Hingga perusahaan dapat memberi tanggapan dengan lebih cepat dan tepat

Di dukung oleh feature Panic Button dan Safety Confirmation. Sangat mungkin karyawan perusahaan dapat kirim info aktual saat kondisi darurat hanya dengan sekali tekan. Hingga tidak terjadi keterlambatan perlakuan saat terjadi kecelakaan kerja.

Kesehatan dan keselamatan kerja di perusahaan mempunyai tujuan agar karyawan dapat bekerja dalam keadaan yang sehat, nyaman, dan aman hingga dapat selalu mendorong produktivitas perusahaan. Karenanya, diperlukan tekad, prinsip, dan hubungan kerja yang baik pada karyawan dan perusahaan sendiri dalam rencana aplikasi K3 ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact us

Nama

Email *

Pesan *